Mengapa harga minyak tidak menenang meskipun ada upaya OPEC+?

Mengapa harga minyak tidak menenang meskipun ada upaya OPEC+?

Diperbarui • 2022-06-23

Setelah berbulan-bulan tekanan dari Gedung Putih, Arab Saudi mengalah dan setuju dengan anggota OPEC+ lainnya untuk meningkatkan produksi. Kejutannya adalah bahwa harga tidak menenang dan tetap tinggi. 

OPEC+ memutuskan untuk meningkatkan produksi. Para negara anggota sepakat untuk meningkatkan target produksi keseluruhan mereka sebesar 650.000 barel per hari pada bulan Juli dan Agustus. Kenaikan ini merupakan upaya untuk meredakan harga minyak yang membara yang mengancam pertumbuhan ekonomi global dan mendorong harga bahan bakar minyak AS ke level rekor tertinggi.

Mengapa harga minyak masih terus naik? 

1. Saat Tiongkok mengakhiri lockdown dan membuka kembali ekonominya sepenuhnya, permintaan minyak akan naik, yang berarti harga minyak akan naik kembali. 

2. Di AS, permintaan masih kuat dengan dimulainya musim mengemudi dan travel musim panas, meskipun harga bahan bakar minyak mencatat rekor tertinggi. 

3. Permintaan terus meningkat sementara masalah pasokan dan produksi tetap berlanjut. Barel Rusia meninggalkan pasar, OPEC sedang berjuang untuk menghasilkan kuota yang dibutuhkan, dan AS tidak dapat meningkatkan produksi.

Bisakah OPEC memenuhi kenaikan baru? 

Negara-negara kecil OPEC+, khususnya, belum mampu memproduksi kuota pasokan yang disepakati dalam beberapa bulan terakhir, sehingga membuat produksi anggota tersebut hampir 2,6 juta barel per hari di bawah target. 

Permasalahannya adalah, ketika OPEC memangkas produksi setelah permintaan anjlok akibat pandemi, investasi turun, dan pemeliharaan fasilitas juga terabaikan. Sejak itu, meningkatkan produksi menjadi lebih sulit. Dan ya, OPEC+ memutuskan untuk meningkatkan produksi, tetapi kemungkinan untuk barel tersebut mencapai pasar sangat rendah.

OPEC+ mungkin berhasil meningkatkan produksi hanya sebesar 355.000 barel per hari dalam dua bulan ke depan. Hal ini akan meningkatkan tekanan pada harga, mendorong harga menjadi lebih tinggi. Menurut EIA, sedikit peningkatan ini tidak akan cukup untuk mengimbangi hilangnya 3 juta barel per hari minyak Rusia dari pasar dalam waktu dekat. 

Seberapa tinggi harga minyak harus dicapai untuk memicu resesi? 

Ada alasan untuk percaya bahwa jika minyak mencapai level $140 per barel, banyak wilayah di dunia akan jatuh ke dalam resesi.

Akibatnya, baik Goldman Sachs dan Bank of America memperkirakan harga minyak akan mencapai $140 per barel dalam beberapa bulan mendatang. Selain itu, Menteri Energi UEA mengatakan bahwa harga minyak bahkan belum mendekati puncaknya, dan pembukaan kembali ekonomi Tiongkok akan segera mendukung permintaan minyak.

Apa pandangan kami tentang harga minyak mentah? 

Harga minyak diperkirakan akan tenang setelah produksi meningkat dan ekonomi Tiongkok dibuka kembali. Dalam jangka panjang, harga akan turun ke tingkat yang lebih masuk akal. 

WTI menghadapi koreksi kecil tetapi tetap di atas level $120, dan harga mungkin bergerak dalam pergerakan vertikal ke atas dan sedikit mereda sebelum melanjutkan reli. Target berikutnya adalah menembus level tertinggi sejak awal 2022, di atas $126,00 per barel.

XTIUSDDaily.png

Jika Anda ingin trading minyak dengan FBS, ikuti langkah-langkah sederhana ini:

  1. Pertama-tama, pastikan Anda telah mengunduh aplikasi FBS Trader atau Metatrader 5.
  2. Buka akun di FBS Trader atau akun MT5 di personal area Anda.
  3. Mulai trading!

Menyerupai

XTIUSD Pertahankan Momentum Kenaikan Untuk Hari Ke Tujuh
XTIUSD Pertahankan Momentum Kenaikan Untuk Hari Ke Tujuh

Harga minyak mentah acuan AS West Texas Intermediate (WTI) masih dalam jalur melanjutkan kenaikan untuk hari ke tujuh secara beruntun, pada Rabu (14/02/2024). Menurut laporan pasar minyak bulanan OPEC, ada kekhawatiran mengenai kepatuhan kelompok ini terhadap pemangkasan produksi

Ketegangan Geopolitik Meningkat, Minyak di Kisaran Tinggi
Ketegangan Geopolitik Meningkat, Minyak di Kisaran Tinggi

Pasar saham Asia melemah pada perdagangan Selasa (30/01/2024), terseret oleh kasus likuidasi perusahaan raksasa properti China..Kegelisahan investor terhadap meningkatnya ketegangan di Timur Tengah telah mengendalikan sentimen risiko.

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera