Skenario Data NFP Di Tengah Komentar Hawkish Ketua Fed

Skenario Data NFP Di Tengah Komentar Hawkish Ketua Fed

Diperbarui • 2023-05-05

Kekhawatiran terhadap resesi AS kian meningkat di tengah ekspektasi bahwa Powell akan menaikkan suku bunga yang lebih besar pada Maret ini guna menekan inflasi konsumen (CPI) yang tinggi di AS. Namun demikian, indeks USD yang cukup ‘kuat’ diperkirakan akan tetap bergerak mendatar (sideway) hingga rilis data Nonfarm Payroll (NFP) Amerika Serikat.

Seolah tidak bisa dipungkiri Powell telah memperingatkan pasar bahwa bank sentral siap menaikkan suku bunga lebih lanjut untuk meredam inflasi yang terus tinggi menjadi fakta yang harus diterima oleh pasar. Namun, rilis data NFP AS pada hari Jumat mendatang akan memberikan lebih banyak petunjuk.

Para ekonom memperkirakan data Ketenagakerjaan resmi AS akan menunjukkan penurunan pada Februari menjadi 203 ribu, lebih dari setengah angka yang dirilis sebelumnya sebesar 514 ribu. Meski setengah dari laporan bulan Januari, angka 203 ribu tidaklah buruk karena pasar juga harus menyadari bahwa angka 514 ribu merupakan angka yang luar biasa tinggi dalam tujuh bulan terakhir.

Grafik Nonfarm Payroll

NonFarm Payroll - AS.png

Jika skenario yang muncul adalah angka aktual Nonfarm Payroll bulan lalu menunjukkan angka yang lebih besar dari proyeksi, hal ini akan membuat dolar AS melanjutkan penguatannya. Selain itu, laporan Tingkat Pengangguran yang diperkirakan akan tetap stabil di angka terendah multi-dekade juga berperan dalam menopang pergerakan dolar AS.

Yang tak kalah penting, laporan Penghasilan Rata-rata Per Jam (Average Hourly Earning) juga berperan dalam pergerakan nilai tukar dolar AS. Data ini diperkirakan akan meningkat menjadi 4,8% (YoY) karena keterbatasan tenaga kerja akan diimbangi dengan upah yang lebih tinggi.Dengan meningkatnya pendapatan rumah tangga, maka pengeluaran konsumen juga akan semakin kuat. Dengan demikian, jika kedua data ini mencatatkan hasil yang positif, terutama untuk Penghasilan Rata-rata Per Jam, hal itu akan mendorong dolar AS untuk melonjak lebih jauh.

Dengan data Nonfarm Payroll beserta komponen lain yang positif pada laporan tersebut, maka akan membuat indeks dolar AS terus menguat.

Analisis EURUSD

GBPUSDDaily.png

Analisis GBPUSD

EURUSDDaily.png

Menyerupai

Yen Jepang Terus Terpuruk, Targetkan Level Psikologis
Yen Jepang Terus Terpuruk, Targetkan Level Psikologis

Yen Jepang kembali mencatat penurunan untuk hari ketiga berturut-turut di hari Rabu (27/03/2024), menyusul ketidakpastian mengenai langkah kebijakan ..Di sisi lain, indeks dolar AS, yang saat ini terus mendapat dukungan dari prospek ekonomi AS yang optimis

Berita terbaru

AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion
AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion

Dolar Australia menguat tipis di awal perdagangan akhir pekan ini, namun masih dalam tren penurunan. Pasar diperkirakan sepi karena memperingati Jumat Agung. Dolar AS menguat karena data ekonomi AS menunjukkan ekspansi,

Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi
Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi

Pasar saham Asia memiliki sentimen sideways dengan bias bearish pada perdagangan Kamis (28/03/2024), karena adanya sentimen ketidakpastian menjelang data indeks harga PCE AS..penjualan ritel Australia dirilis lebih kecil dari perkiraannya.

USDCAD Berusaha Hentikan Penurunan Tiga Hari
USDCAD Berusaha Hentikan Penurunan Tiga Hari

USDCAD terlihat berusaha keras mempertahankan momentum bullish pada hari Kamis (28/03/2024),..Pasar akan berfokus pada data PDB Kanada yang dirilis malam ini pukul 19.30 WIB.

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera